Wednesday, July 11, 2007

"Nanti kalau kaya, aku mau aktif di kegiatan sosial"

[English]
Saya sering sekali mendengar kata ini. Terlalu sering. Masalahnya, orang merasa gak kaya-kaya. Orang selalu merasa terlalu sibuk dengan segala prioritas lain sehingga tidak pernah terlibat dengan segala yang berhubungan dengan kegiatan sosial.

Balik ke masalah "kaya". Saya rasa semua orang tahu bahwa membantu tidak perlu berarti dengan uang, jadi tidak perlu menunggu kaya. Tadi siang, baru saja saya mendiskusikan ini dengan teman saya. Kemudian saya bercerita..

Ada teman saya, Prita. Dia suka membuat nasi bungkus untuk orang-orang tuna wisma. Dan dia membuat sendiri nasi bungkusnya. Selain hemat, itu juga "biar lebih terasa".

Suatu hari, tetangganya datang kepada Prita. Tetangganya itu orang yang hidupnya pas-pasan. Sang tetangga bilang, "Mbak, saya gak punya banyak uang, jadi saya tidak bisa menyumbang uang."

Dia kemudian menambahkan, dengan sangat tulus, "Tetapi boleh gak saya membantu memasakkan dan membagikan nasi bungkus itu?"

Tidak perlu uang memang. Tenaga juga bisa. Pemikiran juga bisa. Niat pun sudah disyukuri. Senyum pun amal.

.mulailah melakukan sesuatu. apa pun itu.

No comments: