Sunday, July 08, 2007

Bermimpilah

[English]
Masih dari wawancara Yos Luhukay. Orang hanya dibatasi dengan angan, dengan mimpi kita. Seberapa berani kita bermimpi? Mungkin kebanyakan dari kita bersikap pragmatis, realistis. Terjebak dengan keadaan sekarang.

Jangan terbatasi dengan keadaan. Mulai dari akhir. Coba dibayangkan, punya visi, kira-kira apa yang ingin kita capai, di usia tertentu, dalam hal pekerjaan, pribadi, keluarga, dan spiritualitas. Setelah itu baru, telusuri balik apa yang harus kita lakukan untuk mencapainya.

Apakah apa yang kita lakukan sesuai dengan apa yang kita visikan? Tentukan sampai kapan kita akan ada di tempat kita sekarang, dengan jabatan akhir apa.

Kata-kata ini membuat saya berpikir. Saya sudah terbayang apa yang saya ingin lakukan. Saya jadi bertanya-tanya pada diri sendiri, apa yang sudah saya lakukan untuk mencapainya? Rasanya tidak terlalu banyak. Belum cukup banyak.

Sedih jadinya. Eh, gak boleh sedih ya. Harus berusaha.

No comments: