Friday, April 06, 2007

Sabar

[English]

Kayaknya kesabaran adalah hal yang harus saya pelajari minggu ini (atau dalam hidup ini?).

Udah beberapa bulan ini saya merasa sangat tidak sabar. Saya pikir saya bosan. Tapi mungkin kebosanan hanyalah sekedar gejala. Masalah utama terletak pada kesabaran (atau ketidakadaan kesabaran)

Saya baru ngeh tentang ini ketika saya lagi ngomel/curhat ke teman saya. Di akhir obrolan kita (tentang topik satu ini) dia cuma bilang: "(dijalanin aja) satu-satu. Kita gak akan tau. You will never know." Saya langsung berhenti ngomel menit itu juga (bukan detik, beberapa detik kemudian mungkin masih ada ekses omelan saya..)

Saya tau dia bener. Jalan itu sudah disiapin. Kita tuh tinggal njalanin aja. (iya gus, gitu aja kok repot)

'Kebetulan', saya terima sms dari teman saya yang lain tentang satu pengajian yang sudah sekitar dua tahun tidak saya ikuti. Entah kenapa pas saat itu, dia keinget untuk sms saya lagi. Pengajian ini juga 'pas' jadi topik lain dalam obrolan dengan teman saya yang tadi nyuruh saya sabar.

Saya datang ke pengajian itu karena 'pas' saya sebelumnya ada acara di sekitar situ. Tau gak topiknya apa: kesabaran. Satu dari sedikit hal yang harus kita minta ke Tuhan, melalui doa dan perbuatan baik.

Tuhan, katanya, bersama orang yang sabar. Terus guru itu bertanya, sabar itu ada batasnya? Dia kemudian menjawab: ada, ketika Tuhan tidak lagi bersama kita. Jadi ketika kita lagi marah, kehilangan kesabaran, tau donk kita lagi bersama siapa, atau tidak bersama siapa.

Dia juga mengatakan bahwa sabar itu perlu ilmu. Kayak menanak nasi aja. Kalau kita tahu butuh waktu 15-20 menit untuk menanak nasi, maka selama 15-20 menit itu pun kita akan bersabar. Menarik ya.

Tuh. Saya udah dikasih tahu harus ngapain dan bagaimana caranya.

Kesabaran benar-benar merupakan pelajaran untuk minggu ini (atau untuk kehidupan ini?) buat saya. Kesabaran, konsistensi dan stamina. Dengan ridha, lindungan dan tuntunan dariMu. Jalan sudah disiapkan kok. Saya tinggal menjalaninya aja.

-Khan udah bilang, satu hari saya akan menulis tentang dirimu.-

No comments: