Wednesday, February 28, 2007

Buku: for one more day

**** SPOILER WARNING ****
for one more day; buku terbaru dari Mitch Albom, yang sebelumnya ngetop dengan buku Tuesdays with Morrie.

Seperti biasa, gaya bertutur Mitch Albom sangat sederhana dan sensitif. Saya rasa kebanyakan penggemarnya adalah perempuan.

Saya tidak tau, apakah karena jalan ceritanya atau topik yang ia angkat dalam buku ini. Seorang anak yang bertemu dengan ibunya yang sudah meninggal. Buku ini membuat saya menempatkan diri saya di karakter cerita itu, dan membayangkan almarhum Bapak, atau bahkan membayangkan Ibu dengan segala keajaiban yang ia lakukan tiap hari namun tak saya sadari.

Saya rasa topiknya yang begitu dekat dengan hati, yang membuat saya berkilas balik. Begitu banyak suka duka hidup orangtua saya yang tidak saya tahu, segala yang mereka lakukan untuk menyediakan makan dan menyekolahkan saya. Bagaimana mereka begitu bangga melihat segala 'keberhasilan' saya. Bagaimana kita masih tetap merindukan ibu di kala kita sakit atau berduka, berapa pun umur kita sekarang.

Topiknya sangat menyentuh. Namun kalau dari sudut cerita dan cara bertutur, saya tetap masih lebih menyukai Tuesdays with Morrie.

-Love you mom, love you pop. Dan saya minta maaf. Benar-benar minta maaf. Walau saya tahu mama dan papa pasti sudah memaafkan saya, sebelum saya minta maaf sekalipun.-

No comments: